Kenalan yuk sama Google Allo: aplikasi chatting messenger yang kece dan canggih banget - Aluska.ID

Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 10 September 2016

Kenalan yuk sama Google Allo: aplikasi chatting messenger yang kece dan canggih banget





Google membuat suatu gebrakan baru di bidang aplikasi perpesanan. Setelah Google Hangouts yang kurang begitu menarik banyak pengguna dibandingkan pesaingnya, Whatsapp. Google tidak menyerah dalam pembuatan aplikasi messaging. Bahkan, kini Google juga menggarap aplikasi untuk video call yang lebih efektif dalam penggunaannya, Google Duo.
Google Allo dan Duo, inilah dua aplikasi 'lebih kece' baru di bidang messenger buatan Google.

Untuk postingan kali ini, saya akan membahas lebih dalam mengenai Google Allo.

Apa itu Google Allo?

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia,
Allo adalah sebuah aplikasi seluler pesan singkat yang dikembangkan oleh Google. Ini diumumkan di Google I/O pada Mei 18, 2016.[1] Aplikasi ini akan tersedia pada sistem operasi Android dan iOS[2] dan akan dirilis pada musim panas 2016.[3]

Menurut saya, Allo itu kece banget! Kenapa? itu karena Allo membuat percakapan dengan orang-orang menjadi lebih canggih, ekspresif, dan lebih mudah. Sama seperti whatsapp, hanya perlu nomor telepon untuk mendaftarkan akun.

Beberapa bocoran fitur Allo adalah sebagai berikut:


Smart Reply

Jika kamu malas mengetik dan ingin yang lebih efisien, inilah jawabannya. Kamu gak perlu ngetik capek-capek. Hanya perlu memilih kamu mau jawab apa.
Keistimewaannya adalah, Smart Reply akan mengikuti gaya penulisanmu saat chatting. Misalnya kamu lebih sering mengetik "haha" dibandingkan "wkwk", maka Smart Reply akan memberikan kata "haha" karena kamu tidak biasa memakai "wkwk" untuk tertawa.

Smart Reply (kiri) dan Google Assistant (kanan). Hak cipta Googleblog.blogspot.com.

Google Assistant

Kebayang gak sih ada asisten pribadi kamu di dalam suatu chat? Kamu bisa pesan meja makan di suatu restoran langsung dalam chatting, mencari restoran, bahkan mengurutkan daftar restorannya dari yang termurah, terbaik, dan yang sedang buka. Lagi-lagi, semua itu terjawab di Google Allo! Dijamin kamu udah kayak boss deh!

Whisper dan Shout (Berbisik dan Berteriak)

Berbisik dan Berteriak. Hak cipta wikimedia.org
Mau ngomong di chat dengan TERIAKAN atau bisikan? Kamu gak perlu lagi tuh yang namanya pake CAPSLOCK KAYAK GINI. Pakai Google Allo, kamu hanya perlu menahan tombol Send dan tarik ke atas (tulisan membesar) untuk berteriak dan tarik ke bawah untuk berbisik (tulisan mengecil).

Emoji, Sticker, Tinta

Emoji, Stiker, Tinta, & Berbisik dan Berteriak. Hak cipta Googleblog.blogspot.com.
Tenang aja, walaupun bersistem seperti Whatsapp, tapi fiturnya udah kayak LINE banget! Kamu bisa pakai stiker lucu-lucu, menambahkan emoji ke gambar, bahkan mencoret-coret gambar yang mau dikirim pakai ink (fitur Ink kini memang sudah ada di versi terbaru Whatsapp, mungkinkah mereka mengikuti fitur Google Allo?).

Incognito Mode

Incognito Mode. Hak cipta Google di Playstore.

Ssst! Obrolan ini pribadi ya, jangan beritahu siapa-siapa. Tapi, tiba-tiba screenshot dari chattingmu tersebar di mana-mana. Layaknya BBM yang punya fitur Private Chat, Allo juga punya nih. Namanya adalah Incognito Mode, sama seperti di Chrome. Fungsinya adalah memberikan waktu masa tenggang terhadap pesan, notifikasi yang privasi, enkripsi, notifikasi privasi.

UPDATE 24 SEPTEMBER 2016
Tak ada Enkripsi end to end
Dari sekian banyak kelebihan, kali ini ada kekurangannya. Seperti dilansir dari akun twitter Edward Snowden (@Snowden), dia mengatakan bahwa jangan pakai Google Allo karena keputusan Google untuk meniadakan enkripsi end to end sangat membahayakan pengguna.
Kenapa sih, kok bahaya? Enkripsi merupakan fungsi untuk mengacak pesan yang kamu kirim saat chatting sehingga tidak bisa dilihat oleh pihak ketiga manapun termasuk penyedia layanannya. (Penyedia layanan Whatsapp adalah Facebook. Kalau Allo adalah Google)
Jadi, chat yang dibuat benar-benar rahasia.

Apakah cuitam dari akun twitter Edward Snowden tersebut dapat dipercaya kebenarannya? Jawabannya antara iya dan tidak. Mari kita telaah lebih dalam.

Untuk mengaktifkan Asisten pribadi dalam chat, Asisten harus membaca chat kita. Maka, chat kita dikirim ke Asisten Google. Lalu ditelaah dan dikirim tanggapannya. 
Begitu juga bila melalukan pemesanan restoran melalui aplikasi. Hasil pesanan akan diambil oleh pihak ketiga, tempat memesan restorannya untuk mendata pesanan kamu.

Belum ada klarifikasi oleh Google soal hal ini. Tapi kemungkinam besar memang tidak ada enkripsi end to end untuk menjalankan fitur yang ada.

---
Nah, gimana nih pendapat kamu mengenai aplikasi yang kece banget ini? Gak sabar kan mau download dan pamer ke teman-temanmu? Tapi, tunggu dulu, Google Allo belum tersedia di Playstore dan Appstore, masih coming soon. Dan sekarang di Playstore, kamu bisa daftar untuk mendapat Allo lebih cepat. Jadi, saat sudah tersedia di Playstore, kamu diberitahu dan dapat notifikasinya sehingga kamu bisa langsung download.

Caranya?
  1. Buka Play store
  2. Cari "Google Allo" di pencarian
  3. Pilih aplikasi Google Allo dengan tulisan "Segera Hadir"
  4. Tekan tombol "Daftar di muka"

UPDATE 
Google Allo sudah tersedia di playstore.

Kesimpulan

Menurut beberapa situs berita, inilah jawaban Google atas kecanggihan Facebook Messenger. Yap, Google Allo adalah jawabannya, suatu messenger yang lebih canggih lagi. Fitur-fiturnya seperti Asisten, Berbisik dan Berteriak, Stiker, Smart Reply, dan Incognito sangat pintar, modern dan dapat membantu kita saat sedang mengobrol. 
Pada intinya, siapa yang dapat memberikan suatu terobosan yang baru dan terbaik, itulah yang nantinya akan "lebih" dipilih oleh masyarakat pengguna telepon pintar. Seperti biasa, terimakasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad