4 Cara Efektif Membuat Presentasi dengan Shape dan Animasi Otomatis Interaktif Keren di PowerPoint - Aluska.ID

Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 28 Agustus 2016

4 Cara Efektif Membuat Presentasi dengan Shape dan Animasi Otomatis Interaktif Keren di PowerPoint



Secara umum, fungsi PowerPoint adalah untuk membuat sebuah presentasi visual untuk dipresentasikan kepada orang-orang yang ditujukan untuk menyaksikan presentasi tersebut (klien, guru, teman, dan sebagainya).

Image © www.3playmedia.com


Apa itu PowerPoint? 

Menurut saya pribadi, PowerPoint adalah salah satu perangkat lunak yang merupakan bagian dari Microsoft Office yang berguna untuk membuat suatu presentasi untuk tugas sekolah, proyek kantor, dan masih banyak lagi yang memerlukan media visual maupun audiovisual untuk mempresentasikannya di depan orang-orang yang menyaksikan presentasi yang dibuat.

Menurut Wikipedia, Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.

Fungsinya?

Secara umum, fungsi PowerPoint adalah untuk membuat sebuah presentasi visual untuk dipresentasikan kepada orang-orang yang ditujukan untuk menyaksikan presentasi tersebut (klien, guru, teman, dan sebagainya).

Intermezzo

Selain Microsoft Office PowerPoint, ada juga program lunak untuk presentasi yang bernama PowToon, Prezzi, Keynote, dan Slide Rocket. Setiap program memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri.

4 Cara Efektif Membuat Presentasi Interaktif Keren di PowerPoint

1. Mempunyai pemetaan pikirian (mind mapping) yang jelas

Contoh Mindmapping Sederhana, dok. Aluska Spot

Menurut Wikipedia: Pemetaan Pikiran (bahasa Inggris Mind Mapping) adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Pada intinya, penggunaan mind map adalah untuk men-mediakan isi pikiran secara terstruktur dan terangkum dalam sebuah gambar yang menarik. Penggambarannya bebas, bisa membentuk kotak, hati, lingkaran, dan sebagainya.

Dalam membuat sebuah presentasi, kita harus membuat inti dan topik dari presentasi tersebut secara jelas, misalnya dalam contoh saya akan membuat sebuah presentasi dengan tema "Go Green". 
Maka, yang seharusnya saya lakukan adalah membuat inti dengan pemetaan pikiran seperti gambar di atas.Setelah membuat peta pikiran, selanjutnya akan saya terapkan ke PowerPoint dengan perpaduan berbagai macam shape.

2. Memilih template yang sesuai

Setelah memiliki pola pemikiran tadi, kini saatnya memasukki power point untuk menerapkannya. Pertama, pilihlah template yang tepat sesuai tema presentasi yang akan disampaikan.

Ilustrasi mencari template dan tema
Karena saya memilih tema "Go Green", maka saya akan mencari template dengan inti "nature" (alam), sebaiknya gunakan bahasa Inggris dalam pencarian template agar dapat ditemukan.
Gambar di atas bisa ditemukan di Microsoft Office Power Point 2010 ke atas.

Template yang saya pilih

Jika sudah melakukan pencarian, pilihlah template yang sesuai dengan hati anda. Gambar di atas adalah template pilihan saya untuk tema "Go Green". Berikut adalah penerapan peta pikiran saya ke dalam PowerPoint.

Penerapan peta pikiran ke PowerPoint

3. Berkreasi dengan ikon dan shape

Fitur-fitur PowerPoint
Dalam membuat presentasi, biasanya saya bermain dengan fitur Pictures, Online Pictures, dan Shapes. Kita bisa memakai gambar-gambar dari Google (hati-hati dalam pengunaannya) atau ikon-ikon untuk memasukannya dalam presentasi kita. Bisa juga langsung melalui Microsoft Office melalui fitur Online Pictures, tetapi pencariannya menggunakan Bing, bukan Google.

Selain gambar, kita juga bisa menambahkan kotak teks (Textbox) untuk menuliskan sesuatu yang terdapat di fitur Shapes -> Basic Shapes, pilih yang ikon pertama. Masih banyak shape yang dapat kita gunakan selain textbox, di antaranya ada tanda panah, persegi, segitiga, dan lain-lain.

Pada layout yang ingin dikreasikan dengan ikon dan shape, saya biasanya memakai tipe layout "Title Only" supaya mendapatkan ruang yang cukup lega untuk berkreasi, karena hanya ada kotak teks untuk judul saja.

Pemilihan layout Title Only
Kira-kira beginilah hasil akhir dari penerapan peta pikiran tadi ke dalam PowerPoint yang sudah dikreasikan dengan ikon, shape, dan pemilihan template yang sesuai dengan tema "Go Green" tadi.

Hasil akhir

4. Memakai fitur Animasi

Ketika presentasi sudah selesai, tahap akhir untuk membuat presentasi lebih powerful adalah dengan menambahkan Animasi ke dalamnya.

Penambahan animasi
Pertama, masuk ke tab Animasi. Lalu pilihlah shape/ikon/teks yang ingin ditambahkan animasi ke dalamnya. Jika ingin menyeleksi/memilih beberapa shape/ikon/teks sekaligus, maka tahan tombol Ctrl sambil mengeklik shape/ikon/teks nya satu-per-satu. Setelah itu, pilih animasi yang diinginkan dari daftar animasi yang disediakan.

Prinsip fitur Animasi:

Jika item yang diseleksinya (dan diterapkan animasinya) bersama-sama, maka yang diseleksi/dipilih itu akan muncul bersamaan sekaligus. Misalnya pada gambar di atas saya menyeleksi ikon keran, shape tanda panah, dan textbox "Air", dan menerapkan animasi "Float in" ke dalamnya. Maka, jika saya memutar presentasinya, ketiga item itu akan ter-animasikan dan muncul bersama-sama.

Jika animasinya sudah selesai, silahkan mainkan/full screen kan slidenya. Apa yang terjadi? Animasi tidak akan muncul sebelum di klik/memencet tombol di keyboard. Ini akan merepotkan bila saat presentasi kita harus klik,klik, dan mengeklik terus.

Jadi, bagaimana caranya supaya animasinya termainkan secara otomatis?  

Cara membuat animasi PowerPoint terplay/termainkan secara otomatis dengan satu klik:

Untuk bagian ini, anda harus sudah bisa menggunakan aplikasi PowerPoint, kalau belum bisa juga tak apa, tapi mungkin akan menjadi lebih sulit.

1. Buka Animation Pane.



2. Setelah terbuka, perhatikan angka yang ada. Sebagai contoh, lihat gambar di atas.
Di bagian Animation Pane terdapat angka 1 dengan nama item di sebelahnya. Lihat angka yang saya lingkari. Angka "1" di Animation Pane menunjukkan item-item dengan angka "1" di lembar kerja, maka animasi dari item tersebut akan dimainkan setelah mendapatkan klik-an kesatu.
Begitu juga dengan angka "2", berarti animasi pada item dengan angka "2" akan termainkan saat mendapatkan klik-an kedua. Begitu juga angka "3", "4", dan seterusnya.

Untuk mengubah supaya tidak perlu mengklik untuk memainkan animasinya, klik kanan pada setiap baris yang memiliki angka (yang berwarna oranye) pada Animation Pane, lalu pilih "Start After Previous" yang berarti akan dimainkan secara otomatis setelah animasi sebelumnya termainkan.


Kira-kira hasilnya akan menjadi seperti ini di Animation Pane-nya. Sekarang, coba lihat lagi angkanya, kini sisa angka "0" dan semua item menjadi angka "0", itu artinya, animasi pada item "0" akan termainkan pada klik-an ke nol, yang artinya tak perlu mengklik untuk memainkan animasinya.

Intermezzo
Bagian berbentuk persegi panjang berwarna hijau pada Animation Pane berguna untuk mengatur waktu munculnya animasi yang dapat disesuaikan secara manual.

Untuk melihat perubahannya, sekarang coba mainkan lagi animasinya dengan cara masuk ke mode fullscreen lagi.

Berikut beberapa hasil karya saya dengan memadukan berbagai shape yang semoga dapat menginspirasi:





Kesimpulan

Untuk memberikan presentasi interaktif dan efektif, kita perlu menguji sampai mana kita dapat berpikir mengenai kreatifitas kita. Dengan cara-cara di atas, mungkin dapat membantu supaya presentasi lebih terkesan aktif. Seperti biasa, jika ada pertanyaan, kritik, saran, dan persanggahan untuk artikel ini, mohon berkomentar di kotak komentar di bawah. Terimakasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad